PROGRAM KOTAKU DESA TAMAN

Kawasan dahulu dinyatakan kumuh, kini telah disulap dengan sejumlah pembenahan fasilitas . Di lokasi tersebut terdapat MCK Komunal dengan dilengkapi fasilitas kamar mandi, wastafel serta tempat duduk dan dibelakang bangunan MCK Komunal  ada taman yang diberi nama Taman X-BAROS. Tempatnya asri, alami, cukup tenang dan jauh dari keramaian.

MCK Komunal tampak depan
Fasilitas didalam tampak bersih

 

“Dulu kumuh. Sejak adanya pembenahan, pembukaan jalan, sekarang ramai, terutama disore hari,” kata Umaedi selaku lembaga keswadayaan masyarakat di kawasan tersebut.

Menurutnya, pembenahan sekitar lokasi masih terus dilakukan secara bertahap. Dan rencananya sekitar lokasi tidak hanya sebagai ruang terbuka hijau yang asri, juga akan ditanami sejumlah tanaman hias.

“Jadi tempat tongkrongan baru. Di samping itu buat komunitas pelopor tempat selfie di sini,” timpalnya.

Tri salah satu pengunjung yang ditemui di lokasi mengatakan, dirinya baru pertama kali datang kelokasi. sepengetahuannya, memang lokasi tadinya merupakan kandang kambing. Bahkan daerahnya terkesan kumuh. Ditambah lagi, sebagian besar pemukiman warga di lokasi itu padat dan berdempetan.

“Tapi kini asyik tempatnya, tenang, santai, bisa duduk-duduk, cari aspirasi. Tinggal dipoles lagi sentuhan-sentuhan inovasi baru,” ungkap darah manis ini.

Taman di belakang MCK Komunal tampak asri
terlihat indah

Sementara itu, Endang, warga Dusun Kalibaros RT 03, Desa  Taman di lokasi itu menjelaskan, dirinya senang dengan adanya fasilitas akses jalan sekaligus dilengkapi dengan taman.

“Setidaknya ada ruang terbuka. Kalau dulu kumuh, dulunya kandang kambing, bau, banyak tikus. Sekarang tidak lagi,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, warga yang datang cukup banyak disore hari. Rata-rata merupakan remaja yang datang bersama teman-teman mereka. Dan saat ini mulai banyak hasil foto-foto warga yang datang dipasang di media sosial (Medsos).

“Kalau dulu, orang enggan ke sini, namun kini mulai disenangi,” ujarnya.

 

ADMIN Desa (KPMD-IT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.