Progam Padat Karya Normalisasi Irigasi Pertanian

Taman – Warga di Desa Taman Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang, serentak sekitar 72 orang yang masing masing perwakilan dari masing-masing dusun di Desa Taman semua terlibat mengikuti giat padat karya ,Normalisasi irigasi sawah.

pembabatan rumput
normalisasi saluran irigasi

Di Desa Taman, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, program PKT dilaksanakan untuk normalisasi saluran irigasi tersier dan embung yang bersumber dari Dana Desa Tahap I Tahun 2018 sebesar Rp 5.040.000.

Pengerjaannya menyerap tenaga kerja sebanyak 72 orang, dengan upah untuk buruh sebesar Rp70ribu. Pekerjaan dilakukan secara swakelola dengan waktu pengerjaan 4 hari.

Diakuinya, program padat karya ini memberikan manfaat bagi para petani di desanya, menambah penghasilan mereka serta meringankan beban biaya yang sebelumnya ditanggung oleh Pemerintah Desa.ujar Kepala Desa Taman Agus Sutrisno saat di temui di Kantor Balai Desa

kegiatan normalisasi saluran irigasi ini salah satu implementasi program padat karya atau cash for work yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

normalisasi embung

Lebih lanjut kepala Desa Agus Sutrisno berharap ” dengan adanya progam padat karya yang melibatkan masyarakat diharapkan bisa meningkatkan produk pertanian,ekonomi masyarakat meningkat , dan memudahkan irigasi saluran air kesawah sawah milik para petani yang ada diwilayah Desa Taman menjadi bersih.      (KPMD-IT)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.