Penyuluhan dan Pemeriksaan Ibu Hamil

Penyuluhan dari Pukesmas Banjardawa

 

 

Taman, Kamis (04/01/2018), di Balai Desa Taman diadakan kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan ibu hamil yang dilakukan oleh puskemas Banjardawa,kecamatan Taman, dalam kegiatan tersebut dilakukan pemeriksaan deteksi dini hepatitis B  pada ibu hamil.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh bidan Desa   dan Bidan Puskesmas Banjardawa, dengan adanya kegiatan tersebut para ibu hamil sangat senang dengan di adakanya peyuluhan dan pemeriksaan deteksi dini hepatitis B  dan mereka berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan untuk menekan penyebaran virus tersebut.

“Pemeriksaan ini ditujukan untuk memutus mata rantai penularan hepatitis B pada bayi yang akan dilahirkan,” ujar Nuriti, A.md.

Pemeriksaan Hepatitis B

Bila dalam pemeriksaan ibu hamil positif terinfeksi hepatitis B, pihak Puskesmas akan memantau kesehatannya sampai si ibu melahirkan dan bayinya, sebelum berusia 12 jam pascadilahirkan akan diberi vaksin hepatitis.

“Bila ibu hamil positif terinfeksi, Dinkes akan memantau kesehatannya sampai dia melahirkan dan bayinya akan di beri vaksin hepatitis HBIg guna menghambat dan membunuh perkembangan virus” kata Nuriti, A.md..

Untuk dampak kesehatan bila tidak ditangani secara dini pada penyakit yang menyerang hati dan ditularkan melalui cairan tubuh baik, tranfusi darah, hubungan sex, maupun luka ini, maka dapat menyebabkan Kanker hati dan bila kronis dapat berakibat gagal hati yang pasien membutuhkan cangkok hati untuk mempertahankan hidupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.