Penyaluran BLT-DD Gelombang Kedua Tahap 1 Desa Taman

taman-taman.desa.id —Upaya pemerintah dalam membantu meringankan beban hidup masyarakat terdampak Covid-19 terus dilakukan. Salah satunya dengan telah terealisasinya bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) gelombang kedua untuk sebesar Rp300.000 per keluarga penerima manfaat (KPM).

Di Desa Taman, tercatat ada 367 KPM yang terdaftar di BLT-DD gelombang kedua, Senin 31 Agustus 2020 tahap pertama telah disalurkan.

Kepala Desa Taman Agus Sutrisno mengatakan, penyaluran BLT DD gelombang kedua sebesar Rp300.00 per KPM untuk periode bulan Juli, Agustus dan September  2020 mengacu pada Peraturan Menteri  Keuangan Nomor 50 Tahun 2020, perubahan Peraturan Menteri  Keuangan Nomor 40 Tahun 2020 dan ditindaklanjuti dengan  Peraturan Menteri Desa-PDTT Nomor 7 Tahun 2020 tentang prioritas dana desa.

“Adapun jumlah penerima bantuan atau KPM di masing-masing Dusun beragam, ada yang jumlah penerimanya tetap ada juga yang berkurang dan itu  berdasarkan keputusan pada musyawarah desa khusus,”terang Agus.

Terkait jumlah KPM, Kades Agus menerangkan bahwa penerima  BLT-DD gelombang kedua tetap berpedoman pada jumlah penerima BLT-DD  gelombang pertama dengan pola maksimal sesuai Peraturan Menteri Desa-PDTT Nomor 6 Tahun 2020 sebelumnya sebanyak 367 KPM. Data tersebut tetap harus melalui verifikasi musyawarah desa (musdes) yang melibatkan Badan Permusyawaratan  Desa (BPD) dan kecamatan.  Ditambahkan juga, pihak PMD sudah berkoordinasi dengan kantor pos untuk mengecek penerima bantuan dari Kemensos agar tidak ada penerima bantuan ganda. ”Kata kuncinya adalah kejujuran si penerima, jika bantuan diterima ganda maka harus membuat surat pernyataan untuk dikembalikan, kemudian  dilakukan pergantian ,” jelas Kades Agus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.