Jum’at Bersih Gotong-Royong Saluran Drainase

taman-taman.desa.id  Aksi Jumat bersih (29/1/2021) di Desa Taman tepatnya di Dusun 2 Rt. 03/Rw. 02  diisi dengan pembersihan saluran drainase di sepanjang Jl pergiwo dan jalan gang

Dengan menggunakan peralatan seadanya, cangkul, skop dan karung, para warga nampak sibuk gotong royong membersihkan saluran drainase dari sampah dan tanah yang sudah mengendap bertahun-tahun.

sejumlah warga mengeruk tanah yang mengendap di saluran drainase

Aksi pembersihan drainase dimulai sejak pukul 07.00 wib.

Pembersih drainase ini dilakukan menyusul kejadian air hujan yang seharusnya mengalir melalui saluran drainase justru membludak ke badan jalan.

warga nampak sibuk mencuangkul, dan mengakat sampah serta tanah yang menumpuk di dalam saluran drainase. Sampah dar drainase yang telah dikumpulkan, selanjutnya diangkut oleh petugas kebersihan untuk dibuang di TPA.

Mangsur selaku Kepala Dusun setempat mengatakan, aksi pembersihan saluran drainase dilakukan untuk membuat jalan Pergiwo lebih bersih serta untuk mencegah banjir yang disebabkan saluran drainase tersumbat sampah.

” Aksi pembersihan saluran drainase ini merupakan perintah pak Kades Agus Sutrisno agar jalan pergiwo lebih bersih dan mengantisipasi banjir akibat saluran drainase tersumbat. Dengan saluran drainase yang bersih, tentunya air hujan yang turun akan mengalir lebih lancar dan tidak meluap ke badan jalan,” ujarnya.
Terpisah, Kepala Desa Taman, Agus Sutrisno mengatakan, pembersihan saluran drainase dilakukan untuk memastikan tidak ada saluran drainase yang tersumbat sampah. Hal ini dimaksudkan agar ketika hujan turun, air hujan bisa mengalir melalui saluran drainase dan tidak meluap ke badan jalan atau pemukiman rumah warga.

” Beberapa hari lalu ada kejadian akibat saluran drainase tersumbat sampah, air hujan yang seharusnya mengalir di dalam selokan, justru meluap ke badan jalan karena selokan air tersumbat sampah. Oleh sebab itu, kita galakan aksi pembersihan saluran drainase sehingga peristiwa tersebut tidak terulang lagi,” jelasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.