Pembentukan Satgas Jogo Tonggo, Pembagian Masker dan Hand Sanitizer Pada Masyarakat

taman-taman.desa.idDalam rangka melaksankan Program Jogo Tonggo untuk mencegah persebaran covid-19, Pemerintah Desa Taman Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang, Jum’at, 28 Agustus 2020 pukul 20.30 WIB hingga selesai membagikan bantuan berupa masker dan hand sanitizer kepada RW di Balai Desa Taman dan nantinya akan dibagikan kepada warganya. Program Jogo Tonggo yang digagas oleh Bapak Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, dan mulai diterapkan di seluruh wilayah Jawa Tengah sekitar bulan April.

Kepala Desa Taman, Agus Sutrisno mengatakan prinsip kerja Satuan Tugas Jogo Tonggo ada lima, kemanusiaan, non permanen disaat kondisi darurat, gotong royong, transparan dan melibatkan semua pihak. Selain itu terdapat empat bidang Tugas Satgas, Bidang Kesehatan, Bidang Ekonomi, Bidang Sosial & Keamanan dan Bidang Hiburan. Sementara anggota Jogo Tonggo terdiri dari Karang Taruna, Dasa Wisma, Posyandu, Linmas, Bidan Desa, Pendamping PKH, PPL Pertanian, Pendamping Desa, Warga dan Organisasi Lainnya.

Pemberian masker dan hand sanitizer kepada Ketua Rw

“Program Jogo Tonggo ini kami laksanakan sesuai perintah Pak Gubernur dalam menghadapi COVID-19. Kami mencoba memenuhi semua kriteria yang ada, mulai ekonomi, sosial keamanan, kesehatan dan hiburan,” Tuturnya.

“Walaupun sebelumnya Pemerintah Desa melalui Dana Desa ( DD ) telah mengupayakan Bantuan Masker kepada Masyarakat yang akan dibagikan secara gratis, dengan adanya Bantuan Masker dan hand sanitizer secara gratis lagi dari Program Jogo Tonggo membuat masyarakat turut senang.” Tambahnya.

Menyebarnya Covid-19 memberikan dampak besar bagi kehidupan masyarakat di Indonesia. Banyak warga yang tidak mendapat penghasilan dan bahkan mata pencaharian selama wabah ini berlangsung. Terutama saat diterapkannya PSBB dan physical distancing di berbagai tempat. Program Jogo Tonggo memberikan manfaat kepada Masyarakat pada Bidang Ekonomi yaitu dengan memastikan bantuan tepat sasaran dan mendata warga yang tidak mampu menyediakan kebutuhan dasar.

Pada Bidang Kesehatan memberikan manfaat dalam mencegah persebaran covid-19 dengan cara mendata orang yang keluar masuk desa, penyemprotan desinfektan  secara rutin, memberikan tempat cuci tangan ditempat-tempat yang strategis, dan Memberikan masker gratis pada warga. (Admin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.