Pelatihan Aplikasi (eDMC) Desa Taman

taman-taman.desa.id – Relawan Gugus Tugas Desa mengikuti pelatihan aplikasi Desa Melawan Covid-19 (eDMC), Selasa (21/07) yang diselenggarakan oleh Kecamatan Taman.

Relawan Gugus Tugas Desa Penanggulangan COVID-19 yang ditunjuk sebagai operator akan menggunakan aplikasi ini untuk mendukung pemerintah desa dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, pendampingan desa dan pemantauan sosial penyelenggaran program-program penanganan dampak Covid-19.

Berhubung Camat Taman sedang dinas diluar, pelatihan dibuka oleh Kasi PMD Kecamatan Taman Masrun.

Dibuka pukul 13.25 WIB, pelatihan aplikasi eDMC diikuti 19 admin desa se-kecamatan Taman yang masuk sebagai Relawan Gugus Tugas Desa Penanggulangan Covid-19.

Operator aplikasi eDMC

Aris  yang bertindak sebagai narasumber menyampaikan bahwa penggunaan aplikasi eDMC tertuang dalam Surat Edaran Kementerian Desa PDTT Nomor 13 Tahun 2020.

 

Operator Relawan Gugus Tugas Desa dibimbing mengunduh dan menginstal aplikasi eDMC dari Google Play Store. Setelah aplikasi terinstal operator melakukan registrasi menggunakan kode desa (ID Desa) masing-masing. Tugas operator gugus tugas selanjutnya menginput  tugas persiapan yang meliputi isian data dasar tingkat desa sampai tingkat dusun.

Aris mengakui penggunaan aplikasi ini belum maksimal, terbukti meskipun berhasil melakukan registrasi masih terdapat beperapa desa yang tidak bisa melakukan login ulang untuk melengkapi data dasar tingkat desa. Untuk itu pihaknya masih akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemalang dan Provinsi Jawa Tenggah.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *