Panen Padi perdana di Desa Taman

TAMAN- 02 April 2019. Saat ini area persawahan Desa Taman, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang mulai panen padi. Persawahan yang biasanya sepi kini hingar bingar dengan datangnya para pemanen padi. Mereka pemilik lahan dan juga para penebas berbaur jadi satu.

Ketika panen tiba,  puluhan  orang terlibat dalam pekerjaan pemanenan padi di area persawahan ,saat itulah para petani menikmati hasil jerih payahnya. Jerih payah dari berpanas-panasan, bergumul dengan lumpur selama kurang lebih 95 hari atau 3 bulan lebih dikit. Saat padi telah berbulir padi padat  dan berisi keras dan menguning itu tandanya padi telah tua dan siap untuk di panen.

Foto: Panen padi di blok Kawista Desa Taman

 

Kordinator kelompok tani Slamet Soleh mengatakan, tanah di Desa Taman sangat subur. Oleh karena itu, sebagai putera asli Desa Taman perlu mengelola tanah yang ada guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang pertanian dan ekonomi.

Foto: Padi siap dipanen di blok prumpung Desa Taman

“Kami selalu melakukan pendampingan kepada para petani untuk senantiasa bersemangat dalam bertani, kita mencari solusi bersama apabila ada kendala dengan tanaman padi ini,”katanya.
Dikatakan, pihaknya selalu melakukan pendampingan dan pembinaan pada petani dari mulai pengolahan lahan, penggarapan lahan, penyemaian, penanaman, pemupukan, panen dan yang terakhir pascapanen agar hasil panen padinya bisa memproduksi secara maksimal.

Penulis : Admin Desa (KPMD-IT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.