MUSDUS DUSUN 1 Penyusunan RPJMDes Tahun 2019-2024 Desa Taman

TAMAN_Dalam Rangka Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah  Desa ( RPJM Desa ) tahun 2019 – 2024, Pemerintah Desa Taman Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang menggelar Musyawarah Dusun ( MUSDUS )  yang dilaksanakan di setiap Dusun.

Pelaksanaan Musdus di Dusun I yang digelar pada Sabtu, 6 April 2019 dirumah Kepala Dusun I Bpk M. Bustomi  pada malam hari yaitu jam 19.30 WIB sampai dengan selesai, hal ini dikarenakan kesibukan warga yang tidak memungkinkan dilaksanakan pada Siang hari.

Musyawarah Dusun (MUSDUS) dihadiri oleh perwakilan warga Dusun I. KPMD, Tim Penyusun RPJMDes, Ketua RT dan RW Mereka mengikuti musyawarah dengan antusias. Segala permasalahan yang mereka hadapi mulai dari masalah umum, kelompok, maupun pribadi disampaikan dalam forum musdus ini.

warga dusun I antusias mengikuti musdus

Kepala Dusun I,  M. Bustomi,  musyawarah ini bertujuan untuk menggali segala permasalahan yang dihadapi dusun I Desa Taman,

“selain itu, juga bertujuan untuk memilih 5 orang utusan atau delegasi yang bertugas untuk mengawal permasalahan warga dusun I yang akan dibawa ke tingkat Musyawarah Desa bersama dengan dusun lainnya” ujar Bustomi.

 

Pembangunan rabat beton jalan gang di wilayah dusun 1 disepakati menjadi prioritas,

Kesepakatan tersebut tercapai dalam kegiatan Musyawarah Dusun (Musdus) di Dusun 1. M. Bustomi, dalam acara tersebut mengatakan, pihaknya mengakomodir setiap usulan pembangunan dari masyarakat.

Hanya saja, lanjutnya, usulan tersebut harus disepakati menjadi prioritas, yang nantinya akan dimasukan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa ( MUSRENBANG Desa )

“Jika warga di wilayah dusun 1 menyepakati rabat beton sebagai prioritas pembangunan,  maka usulan tersebut yang nantinya akan direalisasikan terlebih dahulu,” papar Bustomi.

Pelaksanaan Musdus Penyusunan RPJMDes ini bertujuan sebagai media Masyarakat Dusun untuk mengemukakan pendapat dan usulan baik itu rencana kegiatan yang meliputi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Pembangunan Desa, Pembinaan Kemasyarakatan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa yang selanjutnya Pemerintah Desa akan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa ( MUSRENBANG Desa ) untuk menetapkan  usulan-usulan tersebut  untuk di dimasukkan menjadi kumpulan usulan yang dimuat dalam RPJMDes sebagai pedoman Kepala Desa untuk membangun Desa 6 tahun kedepan.

Berikut ini Hasil Musyawarah Dusun I Desa Taman:

NO MASALAH PENYEBAB MASALAH POTENSI
1 Rabat Beton Jalan gang seluru  dusun I sepanjang 900 meter sulit dilalui 1.

2.      Jika musim hujan becek, jika musim kemarau berdebu

·         Swadaya

·         Pemdes

·         Lembaga desa

2 Lampu penerangan jalan gang dahlia 1 samapai dahlia 5 1.      bila malam gelap rawan pencurian ·         Swadaya

·         Pemdes

·         Lembaga desa

3 Pengaspalan Jalan gang  menuju SMP Al-Mustofa sepanjang 300 meter 1.      Jalan rusak

2.      Jalan sempit

3.

·         Swadaya

·         Pemdes

·         Lembaga desa

Berikut ini nama-nama yang terpilih menjadi utusan atau delegasi dari Dusun I yang akan bertugas mengawal permasalahan mereka pada musyawarah desa penyusunan RPJMDES Desa Taman Tahun Anggaran 2019-2024:

  1. TEDDY SETIAWAN, ST
  2. NUROCHIM
  3. TARJI
  4. TARDJONO, S. IP
  5. SAMIUN, S.Pd

 

 

Penulis : Admin Desa (KPMD-IT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.