(KKN UNDIP 2017) Narkoba No, Prestasi Yes !

Foto Bersama Siswa SMPN PGRI 08 Taman
Suasana Sosialisasi Bahaya Narkoba

Pemalang – Jum’at, 27 Januari 2017, salah satu TIM 1 KKN Undip 2017 Desa Taman, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang yang bernama Thomas Agung Kurnianto dari Fakultas Hukum telah melaksanakan program mono yang berjudul “Narkoba No, Prestasi Yes!”. Program mono ini dilaksanakan di salah satu Sekolah Menengah Pertama yang ada di Desa Taman yaitu SMP PGRI 8 Taman. Kegiatan ini diikuti oleh 81 peserta yang merupakan siswa kelas 9 SMP PGRI 8 Taman. Sekolah Menengah Pertama PGRI 8 Taman berlokasi di Jalan Gatotkaca – Bandelan Kabupaten Pemalang.

“Narkoba No, Prestasi Yes!” merupakan suatu program pembelajaran bagi siswa mengenai bahaya penggunaan narkoba dan penggunaan media sosial yang tidak bijak. Narkoba merupakan suatu zat padat, cair maupun gas yang dimasukkan ke dalam tubuh yang dapat merubah fungsi dan struktur tubuh secara fisik maupun psikis tidak termasuk makanan, air dan oksigen dimana dibutuhkan untuk mempertahankan fungsi tubuh normal. Penyalahgunaan penggunaan narkoba di kalangan generasi muda kian mengalami peningkatan. Peningkatan penggunaan narkoba dipengaruhi oleh pergaulan bebas dan berpengaruh terhadap perilaku pada pecandu narkoba. Selain disebabkan oleh adanya pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba juga disebabkan akibat adanya penggunaan media sosial yang kurang bijak.

Sasaran penyuluhan bahaya narkoba dan penggunaan media sosial yang tidak bijak yaitu remaja yang beranjak dewasa yang berusia diatas 11 tahun. Usia 11 hingga 24 tahun merupakan usia produktif atau usia pelajar, oleh karena itu program penyuluhan ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama. Penyuluhan tersebut dilakukan melalui diskusi bersama dan melalui games yang akan membantu meningkatkan pemahaman pelajar mengenai bahaya narkoba. Sehingga, dengan adanya penyuluhan tersebut diharapkan pelajar menghindari penggunaan  narkoba dan lebih bijak dalam penggunaan media sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.