KKN TEMATIK UNSOED Purwokerto

KKN TEMATIK UNSOED Purwokerto

taman-taman.desa.id —–Sejak adanya pandemi COVID-19 yang merebak di Indonesia ini, telah membuat seluruh sistem tatanan masyarakat menjadi berubah. Sektor kesehatan bukanlah satu-satunya yang terdampak akibat dari adanya pandemi COVID-19 ini, sektor ekonomi, pemerintahan, bahkan pendidikan juga turut terdampak. Adanya efek domino dari pandemi COVID-19 ini akhirnya membuat sekolah-sekolah dan beberapa universitas menerapkan kebijakan baru dalam pembelajarannya, salah satunya adalah dengan mengadakan KKN Tematik COVID-19 yang diadakan oleh Universitas Jenderal Soedirman.

Terhitung sejak tanggal 11 Mei 2020 lalu, dua mahasiswa Febria Nur Kirani Mukti dari jurusan Hubungan Internasional, dan Mufidah Yasmin dari jurusan Matematika Murni, yang mengikuti KKN Tematik COVID-19 Gelombang 1 ini mulai turut membantu di kantor desa Taman. Mahasiswa yang mengikuti KKN ini, membantu dalam bidang pelayanan masyarakat  dan juga beberapa pendataan terkait dengan COVID-19 seperti; pendataan arus mudik, dan pembuatan surat SIKM bagi warga yang akan kembali merantau, serta kegiatan-kegiatan lain yang dilaksanakan oleh pemerintah desa Taman. Pelaksanaan KKN Tematik COVID-19 ini berlangsung selama 35 hari, dan akan berakhir pada tanggal 25 Juni 2020.

pendataan pemudik

Selain kegiatan yang ada di desa, mahasiswa KKN juga melaksanakan program kegiatan yang telah menjadi schedule dari gabungan mahasiswa KKN se Kabupaten Pemalang. Diantaranya, seperti program pembelajaran melalui daring untuk siswa-siswi SD sampai dengan SMA, pembagian sembako yang pelaksanaannya bekerjasama dengan @alumnismansa48_peduli, diskusi online mengenai COVID-19 dengan beberapa narasumber, dan infografis mengenai pencegahan COVID-19, hingga infografis mengenai penerapan “New Normal”, serta info penting lainnya yang termuat dalam media sosial instagram milik gabungan mahasiswa KKN Tematik COVID-19 Universitas Jenderal Soedirman Gelombang 1 @kkntematik_unsoed_pml.

Pada akhirnya, dengan adanya pelaksanaan KKN Tematik COVID-19 yang diadakan oleh Universitas Jenderal Soedirman ini, diharapkan dapat membuat mahasiswa tetap dapat turut membatu dan berkontribusi secara nyata terhadap masyarakat lokasi KKN setempat.

Tim KKN Tematik UNSOED

Febria Nur Kirani Mukti, Mufidah Yasmin

 

Tinggalkan Balasan