Kegiatan Lansia Desa Taman

Posyandu tak hanya berkutat seputar kesehatan anak dan balita saja, tetapi juga seputar kesehatan orang lanjut usia (lansia). Salah satunya posyandu lansia di desa Taman, Kecamatan Taman,  Kabupaten Pemalang yang rutin melakukan kegiatan untuk para anggota lansianya. Apa saja?

“Setiap bulan kita adakan pemeriksaan gratis, tensi, cek kalau kepala pening pusing gitu, terus pemeriksaan denyut jantung dan juga penyuluhan seputar kegiatan lansia,” tutur ketua kader posyandu lansia desa Taman, Indah Agus Sutrisno (30) ditemui admin desa pada Senin (26/11/2018).

Posyandu lansia di desa Taman berdiri sejak tahun 2000. Hingga kini pun ada sekitar 90 orang anggota posyandu usia 60-80 tahun yang berasal dari beberapa dusun. Dengan adanya pemeriksaan kesehatan gratis juga penyuluhan, diharapkan para lansia bisa mengetahui kondisi kesehatannya.

Dokter dari Pukesmas Banjardawa beserta Bidan Desa dan Ketua PKK Desa Taman

Indah Agus Sutrisno, menuturkan setiap sebulan sekali, akan ada kegiatan di posyandu dari jam 10.00-12.00 kemudian diakhiri dengan makan siang. Ada pula pemberian makanan tambahan seperti roti ataupun bubur kacang hijau. Lantas, apa saja kegiatan yang dilakukan para anggota?

“Kita adakan senam lansia seperti senam diabetes, lalu melakukan gerakan tangan membuka tutup lalu meremas, tujuannya agar tangan tidak kebas. Pinggang juga kita putar, kita geal-geolkan kan karena sering ya lansia ini ada pegal-pegal di pinggang, jadi dengan kita gerakkan pinggangnya bisa berkurang lah itu pegalnya,” lanjut wanita berjilbab tersebut.

Senam diabetes oleh bidan desa

Dalam kegiatan posyandu lansia yang mayoritas beranggotakan perempuan ini, ada kendala yakni para peserta enggan ke posyandu karena tidak ada orang yang mengantar. Sebagai antisipasi, Ibu Indah meminta bantuan kader-kader di setiap dusun untuk membawa para lansia. Jika tidak begitu, kepala desa pun terkadang menyediakan mobil sebagai trasnportasi para lansia menuju posyandu. Atau, ada pula para nenek yang tidak bisa meninggalkan cucu yang diurusnya karena si cucu sedang sakit. Nah, selama menjadi kader posyandu lansia, Indah Agus Sutrisno mengaku lebih banyak merasakan suka ketimbang dukanya.

“Kadang ada ya nenek-nenek nih kita suruh periksa, eh dia bilang ngak mau periksa orang sudah sehat kok. Dia maunya ikut senam kumpul-kumpul, seru-seruan aja sama teman-temannya. Tapi lama-lama kita rayu, ‘ayolah nek, mau ya diperiksa ya’, ya lama-lama mau juga. Kebanyakan sukanya sih ya, karena senang melihat para lanisa kumpul-kumpul terus semangat gitu,” kata Indah Agus Sutrisno.

 

Admin Desa

One thought on “Kegiatan Lansia Desa Taman

  • 14 Desember 2018 pada 5:47 am
    Permalink

    Sangat bagus sekali kegiatannya, semoga lansia di desa taman sehat selalu.
    Bisakah warga baru bergabung untuk menimbang balitanya di posyandu.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *