Imunisasi Gabungan Desa Taman

Rabu, 28 April 2021. Hari ini dilaksanakan kegiatan imunisasi Balita (Bawah Lima Tahun).

Apakah anak Anda sudah mendapat imunisasi lengkap? Imunisasi bayi merupakan hal penting yang harus diberikan kepada si kecil setelah ia lahir. Pasalnya, prosedur ini berguna untuk mencegah anak terkena infeksi penyakit di masa yang akan datang.

Sayangnya, masih banyak orangtua yang ragu untuk melakukan imunisasi bayi karena takut anaknya sakit setelahnya. Alhasil, bayi pun tidak mendapat vaksin yang dibutuhkan.

Sebenarnya, anak memiliki kemampuan untuk melindungi diri dari virus dan bakteri sejak ia masih dalam kandungan. Ini dikarenakan sel pembentuk antibodi, sel B dan sel T, telah terbentuk sejak usia kehamilan 14 minggu dan terus berkembang di tahun pertama kelahiran.

Meski begitu, sistem imun bayi tidak sekuat sistem imun orang dewasa. Sebab, antibodi yang berasal dari tubuh ibu akan mengalami penurunan secara pasif selama beberapa bulan pertama. Akibatnya, bayi sangat rentan terhadap penyakit karena di dalam tubuhnya belum terbentuk sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Dengan melakukan imunisasi bayi, berarti Anda melindungi bayi Anda dari berbagai penyakit di masa yang akan datang. Ya, vaksin yang disuntikkan ke dalam tubuh anak Anda akan membantu sistem kekebalan tubuh anak untuk membentuk antibodi, yang berfungsi untuk melawan virus atau bakteri yang masuk ke tubuhnya. Nah, hal inilah yang dapat mencegah anak terkena berbagai macam penyakit yang berbahaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.