Bimtek SiRekap Desa Taman

taman-taman.desa.id Guna mempersiapkan penghitungan dan rekapitulasi perolehan suara di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) maka Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Taman, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang menggelar kegiatan bimbingan teknis dan simulasi terkait penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (SiRekap) bagi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di wilayah Desa Taman yang dilaksanakan di Balai Desa Taman, Minggu (06/12/2020).

Kegiatan dilaksanakan dalam dua sesi dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 terutama pengaturan jarak, bimtek ini ikuti oleh 99 orang. Setiap TPS diikuti 3 orang perwakilan yang terdiri dari ketua KPPS, Operator Utama, dan Operator Cadangan. Sedangkan Jumlah TPS untuk Desa Taman berjumlah 33 TPS

peserta bimtek SiRekap dari perwakilan TPS

 

Bimbingan teknis simulasi Sirekap dipimpin oleh Ketua PPS Desa Taman, Aji Imron Dh dengan dibantu anggota PPS Divisi Data Informasi, Yuliana Indriyani dan anggota PPS Divisi Sumberdaya Manusia, Sri Asih.

Dalam paparan materinya Ketua PPS Desa Taman, Aji Imron DH mengungkapkan bahwa Sirekap merupakan perangkat aplikasi berbasis teknologi informasi dan berfungsi sebagai sarana publikasi hasil penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara, serta alat bantu di pelaksanaan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan.

Hal senada disampaikan oleh anggota PPS Desa Taman Divisi Data dan Informasi, Yuliana Indriyani bahwa Sirekap yang dipakai sebagai sarana publikasi hasil pemilihan dan alat bantu dalam pelaksanaan rekapitulasi suara Pilkada Serentak 2020.

Lanjut Sri Asih selaku Divisi Sumberdaya Manusia kegiatan bimtek ini juga sebagai sarana memberikan informasi kepada penyelenggara pemilu khususnya KPPS bagaimana nanti tata cara pembuatan TPS yang sesuai prosedur Protokol kesehatan.

 

Menurut Sri Asih Pilkada tahun ini kita harus menerapkan protokol kesehatan, dimana pada setiap TPS harus disediakan diantaranya tempat cuci tangan dan sabun, hand sanitizer, sarung tangan plastik untuk pemilih, sarung tangan medis untuk KPPS, masker, tempat sampah, face shield, alat pengukur suhu tubuh serta cairan disinfektan, tutup Sri Asih. (Admin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *