BIMTEK PPDP Desa Taman Pilbup Tahun 2020

taman-taman.desa.id Sebelum memulai tugasnya pada tanggal 15 Juli 2020, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) mendapatkan Bimbingan Teknis (Bimtek). Bimbingan Teknis PPDP menyangkut prosedur dan tata cara teknis Pencocokan dan Penelitian (Coklit) daftar pemilih yang akan digunakan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pemalang 9 Desember 2020 yang akan datang. Bimtek PPDP ini diselenggarakan oleh PPK.

Bimbingan Teknis PPDP di Desa Taman di selenggarakan di Ruang Balai Desa Taman pada Selasa, 14 Juli 2020. Bimtek tersebut dimaksudkan sebagai persiapan kegiatan Pencocokan dan Penelitain (Coklit) Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP)

Dalam sambutannya, Aji Imron DH, Ketua  PPS Desa Taman menekankan pentingnya integritas PPDP selama menjalankan tugasnya. “PPDP tidak hanya menjalankan pemutakhiran data pemilih, tapi juga menjadi cerminan integritas, independensi, netralitas penyelenggara Pemilihan” papar Aji. Selanjutnya diingatkan kepada PPDP untuk selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait di tiap jajaran. Aji menambahkan “harapannya dengan adanya pelibatan pihak-pihak terkait, , kepala desa, RT, RW dan jajaran pengawas Pemilihan, data pemilih bisa lebih akurat”.

Bimtek PPDP

Dalam kegiatan Bimtek PPDP ini disampaikan beberapa hal menyangkut Jadwal dan tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih, Pengenalan jenis formulir yang digunakan, Mekanisme Coklit PPDP dan Gerakan Coklit Serentak. Dalam Bimtek ini pula dilakukan simulasi tata cara Pengisian formulir yang akan digunakan oleh PPDP. Selain itu, disampaikan juga terkait bagaimana monitoring terhadap kinerja PPDP ini akan dilakukan.

Materi Bimbingan Teknis sendiri disampaikan oleh Witno, anggota PPK Kecamatan Taman. Dalam paparan materinya disampaikan segala teknis prosedur kerja pencocokan dan penelitaian oleh PPDP nantinya. Ditekankan pentingnya ketaatan PPDP terhadap petunjuk teknis coklit yang disiapkan KPU. Witno menyampaikan “PPDP kita bekali dengan buku kerja PPDP untuk menjadi acuan kerja dan kontrol kerja”. Pemlihan Bupati dan Wakil Bupati yang akan diselenggarakan pada 9 Desember 2020 tentunya harus ditunjang oleh validitas data pemilih, yang salah satu upayanya adalah penyelenggaraan kegiatan Coklit.

Mensikapi kondisi pandemi Covid-19, semua kegiatan tahapan penyelenggaraan Pilbup Pemalang Tahun 2020 akan menyesuaikan protokol kesehatantan pencegahan Covid-19. Dalam penyelenggaraan Coklit, PPDP akan menerapkan protokol kesehatan dengan dibekali masker, face shield, sarung tangan, hand sanitizer, serta prosedur kerja yang aman.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *