Bimtek Aplikasi SIKS-NG Desa Taman

taman-taman.desa.id – Dalam rangka persiapan verifikasi dan validasi DTKS, Dinas Sosial Kabupaten Pemalang menyelenggarakan bimbingan teknis aplikasi SIKS-NG pada Rabu tanggal 10 Maret 2020 bertempat di Pendopo Kecamatan Taman diikuti oleh operator desa/kelurahan se-Kecamatan Taman.

Bimtek SIKS-NG.

Kementerian Sosial akan menerapkan aplikasi baru yakni sistem informasi kesejahteraan sosial next generation (SIKS-NG) sebagai basis data terpadu yang menjadi acuan pemerintah pusat. Lewat aplikasi SIKS-NG. “pemerintah desa nantinya akan memasukkan data masyarakat miskin dan data tersebut akan dikirim pada pemerintah pusat melalui pemerintah daerah setempat”. ujar Ady Wibowo, S.Pd selaku Kasi Kesejahteraan Desa Taman yang mengikuti bimtek tersebut.

Ia menambahkan, melalui aplikasi SIKS-NG nantinya akan terus “update” data masyarakat miskin dan pemerintah daerah akan mengirimkan data terbaru tersebut dua kali dalam setahun (enam bulan satu kali). untuk menghindari adanya kekeliruan dan ketidakvalidan data penerima manfaat bantuan pangan non tunai atau BPNT yang dulunya mereka menerima bantuan rastra,  Hal tersebut sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat.

Dengan dilakukan bimbingan teknis harapannya perangakat desa dapat mengelola aplikasi dan dapat digunakan sehingga data warga miskin selalu terupdate dengan mudah dan sesuai dengan kondisi riil lapangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.