Bimbingan Teknis SDGs Desa Taman

Taman-taman.desa.id – Selasa 30 Maret 2021, telah dilaksanakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Pemutakhiran Data Desa Berbasis SDGs Desa oleh Pendamping Desa.

Giat tersebut dihadiri oleh Agus Sutrisno (Kades Taman), Iguh Ariwibowo. (Pendamping Desa), Sahru Ramadan (Pendamping Lokal Desa), dan relawan SDGs desa Desa Taman.

Bimbingan Teknis SDGs Desa di Aula Balai Desa Taman

Proses Pemutakhiran Data Berbasis SDGs Desa ini mencakup Data Dasar Keluarga, Kelas Sosial, Ekonomi dan  Pembangunan. Proses pemutakhiran data akan mulai dilaksanakan periode Maret sampai dengan Mei 2021. 

Diharapkan kepada seluruh warga masyarakat Desa Taman agar dapat meluangkan waktu pada saat proses pendataan

Sementara itu, Pendamping Desa, Iguh Ariwibowo mengatakan, pemutakhiran data berbasis SDGs Desa tersebut akan memberikan gambaran riil terkait kondisi desa dan masyarakat desa. Tak tanggung-tanggung, pemutakhiran data desa akan dilakukan secara by name by address.

“Nanti akan kelihatan posisi kemiskinan di desa X misalnya. Karena yang kita gali adalah data desa, data RT, data keluarga dan data warga. Maka kita bicara by name by address. Karena tidak mungkin kita bicara wilayah mikro kalau datanya tidak begitu,” ujarnya

Menurutnya, SDGs Desa akan memandu kepala desa untuk melakukan pembangunan bukan berdasarkan keinginan masyarakat atau segelintir tokoh semata, melainkan juga berdasarkan kebutuhan riil masyarakat desa.

“Kepala desa ini tugasnya berat. Karena urusan stunting ya tanggung jawab kepala desa, kemiskinan ya kepala desa, kesehatan dan kesejahteraan ya kepala desa. Mengingat bebannya sangat tinggi, maka diberikan satu arahan yakni SDGs Desa,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.